Jumat, 05 Desember 2014

perbedaan polemik, tajuk rencana, dan pendapat

Assalamu alaikum guys.....
pernah tidak bingung bedain mana yang termasuk polemik, tajuk rencana, dan pendapat. ?
pastinya 5 dari 10 orang pernah bingun bedain antara ketiganya apa lagi kalau guru or dosen tugasin untuk nyari contohnya d koran.
mmmm.... untuk itu kali ini ria akan berbagi mengenai perbedaan antara polemik, tajuk rencana, dan pendapat. yuukkk disimak



“ Perbedaan Polemik, Tajuk Rencana, dan Pendapat “
Polemik adalah sejenis diskusi atau perdebatan sengit yang diadakan di tempat umum atau media massa berbentuk tulisan. Polemic biasa digunakan untuk menyangkal atau mendukumg suatu pandangan agama atau politik.
Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraann pada surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah actual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran, serta harapan redaksi akan peran serta pembaca.
Pendapat adalah ide atau pikiran untuk menjelasakan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi, akan tetapi bersifat tidak objektif kareana belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku di masa depan dan kebenaran atau kesalahannya  tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui indeks.